Tuesday, June 11, 2019

12 Hal Ini akan Kamu Alami Saat Kamu Mulai Menekuni Passion dan Panggilan Hidupmu



Kita semua dibekali dengan bakat, talenta, potensi dan kemampuan yang luar biasa. Kita juga dikarunia kehendak bebas oleh Tuhan, untuk memutuskan bagaimana kita hendak menjalani hidup kita. Apakah kita mau mendaki jenjang akademi sampai ke puncak, apakah kita mau menjalani magang dan menjadi seorang profesional yang mahir. Dan masih banyak lagi. Kita semua punya pilihan. Dengan adanya kehendak bebas untuk memilih ini, juga dibarengi dengan konsekuensi, yakni tanggung jawab. Bagaimana kita bertanggung jawab atas pilihan-pilihan kita dengan konsekuensinya. Semua pilihan mengandung pro dan kontra. Saat kamu ada di persimpangan jalan kehidupan, catatlah pro dan kontra untuk menentukan pilihan mana yang kamu mau ambil. Bandingkan pro dan kontra berbagai pilihan dan kemungkinan yang ada, baru kemudian kamu bisa tentukan pilihan.

Bicara soal pilihan dan potensi, banyak orang punya potensi yang besar, namun mereka memutuskan atau merasa tidak punya pilihan kecuali mengikuti apa yang didikte oleh teman, orangtua dan masyarakat. Mereka tidak membuat pilihan dan keputusan untuk diri sendiri, namun membiarkan orang lain yang menentukan dan memutuskan untuk mereka. Mereka tidak menjadi diri mereka sendiri. Untungnya, sebenarnya terbuka kemungkinan untuk kamu menjalani hidup sesuai panggilan hidupmu. Sesuai dengan nilai-nilai yang kamu anggap penting dan juga menekuni apa yang menjadi passionmu.

Simak 12 hal yang terjadi saat kamu mulai menekuni passion dan panggilan hidupmu:

1. Kamu memperluas zona nyamanmu. Mungkin banyak orang mengira bahwa kita harus mengorbankan segalanya demi mengejar passion dan menggenapi panggilan hidup. Namun ini tidak benar adanya. Kamu tidak perlu tergesa-gesa dalam menemukan passion dan panggilan hidupmu. Kamu tidak bersaing dengan siapa pun. Saat kamu telah menemukan passion dan panggilan hidupmu, kamu bisa memperluas zona nyamanmu saat menekuni keduanya. Ini menuntut pengambilan resiko dan kamu mungkin merasa tak nyaman pada awalnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kamu pun akan semakin terbiasa.

2. Kepercayaan dirimu akan meningkat. Kita semua tidak ingin mendapat penolakan. Dalam menjalani relasi kita sehari-hari, kita semua ingin merasa diterima apa adanya. Namun bagaimana kamu tahu jika kamu tak pernah mengekspresikan dirimu apa adanya. Orang yang menjalani hidupnya demi memenuhi impian orang lain dan tidak menjadi dirinya sendiri, biasanya kurang percaya diri. Ini karena mereka tidak hidup menurut nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan yang mereka anut. Saat kamu menekuni apa yang menjadi passion-mu dan panggilan hidupmu, kepercayaan dirimu akan meningkat dengan sendirinya dan kamu merasa lebih nyaman dengan diri sendiri.

3. Kamu bertumbuh. Memang kita tidak bisa mendapat kepastian penuh tentang masa depan. Punya keraguan tentang apa yang mungkin dan bisa kamu raih itu wajar dan normal. Namun jangan membiarkan keraguan ini menghalangi kamu mengejar passion dan menggenapi panggilan hidup. Saat kamu menekuni passion, kemampuan dan bakat-bakat bawannmu akan muncul dan kamu pun berkembang. Kamu berpeluang jauh lebih besar untuk meraih sukses jika menekuni bidang yang menjadi passionmu, dibanding jika tidak.

4. Kamu mengalami kepuasan batin didalam pekerjaan. Harus bangun setiap pagi dengan perasaan harus mengejakan pekerjaan yang tidak mereka sukai demi agar bisa survive membuatmu akan terkuras, baik secara mental, emosional, spiritual bahkan mungkin akhirnya juga finansial. Temukan pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu. Ini akan memberimu kepuasan batin dan membuatmu lebih bisa menikmati hidup.

5. Kamu memperoleh keseimbangan antara hidup – kerja. Idealnya, memang ada keseimbangan antara hidup dan bekerja. Namun ini tidak selalu bisa dialami oleh orang yang tidak menyukai pekerjaaanya. Saat kamu menekuni pekerjaan yang adalah passion-mu, kamu merasa seolah-olah kamu tidak bekerja, karena kamu senang melakukannya. Hidupmu jadi lebih seimbang. Namun ini hanya bisa dicapai jika kamu melakukan pekerjaan yang kamu senangi.

6. Wawasanmu bertambah luas. Jika kamu setiap hari harus melakukan pekerjaan yang tak kamu sukai, wawasanmu jadi kurang berkembang. Kamu hanya bekerja semata-mata demi income untuk kemudian menghabiskannya. Namun jika kamu menekuni passion, wawasanmu jadi berkembang dan kamu jadi lebih tahu bagaimana menghadapi tantangan hidup sehari-hari. Saat wawasanmu berkembang, ini akan memberi dampak positif pada karirmu dan hidupmu sehari-hari. Kamu juga jadi lebih produktif.

7. Kamu menarik hal-hal baik dan positif. Aura dan getaran yang kita pancarkan, kerap tanpa sadari menarik orang-orang yang sejenis. Dengan hidup menjadi dirimu sendiri dan menekuni apa yang menjadi passion-mu, kamu cenderung menarik orang-orang yang tepat. Kamu mungkin perlu mengorbankan sejumlah relasi yang memang sebaiknya kamu lakukan jika kamu ingin menjalani kehidupan yang otentik menurut siapa dirimu dan nilai-nilaimu.

8. Kamu menjadi orang yang lebih baik hati. Saat kamu menekuni passion dan panggilan hidupmu, kamu menjadi orang yang lebih baik hati karena kamu merasa lebih damai dan menjadi dirimu sendiri. Orang akan merasakannya dan ini akan berdampak dalam interaksimu dengan mereka. Kamu pun menebarkan pengaruh positif dan memberi banyak manfaat bagi orang lain.

9. Kamu membebaskan kreativitasmu. Memang rasanya lebih aman untuk menjalani rute yang sama dan sudah banyak orang yang melaluinya. Namun jenis rasa aman seperti ini sebenarnya menghambat kreativitas. Untuk memenuhi impianmu dan mengejar passion-mu, kamu mungkin perlu menempun rute-rute baru dengan gagasan-gagasan segar. Ini bisa membuatmu lebih kreatif. Mungkin ini adalah jalan dan rute yang sepi dan kamu harus menempuhnya sendirian. Namun kuncinya adalah keyakinamu pada dirimu sendiri dan impianmu. Jika kamu terus bertekun, kamu akan meraihnya.

10. Kamu menaklukkan rasa takut. Rasa takut adalah penghancur passion. Jika kamu menuruti rasa takut dan keraguan, kamu tidak kunjung mulai dan terus menunda-nunda. Sebenarnya saat paling tepat untuk mengejar passion-mu adalah saat ini. Jangan membiarkan rasa takut menghalangi kamu. Kamu terus bisa belajar sambil berjalan maju.

11. Kamu merasa memperoleh kepastian yang melebihi ketidakpastian yang kamu alami. Kamu mungkin memang tidak tahu, bagaimana jadinya hidupmu kelak saat kamu menekuni apa yang menjadi passion-mu, namun sadarilah bahwa perasaan ini memang wajar. Namun justru didalam ketidakpastian ini terkadung berbagai kesempatan dan peluang bagimu untuk meraih impian dan sasaranmu. Jangan membiarkan ketidakpastian ini menghalangi kamu untuk menekuni apa yang menjadi passion-mu. Saat kamu menekuni passion dan panggilan hidup, kamu akan mulai memperoleh kejelasan dan bisa melihat peluang-peluang di sepanjang jalan.

12. Kamu mengalami lebih sedikit penyesalan kelak di peghujung hidupmu. Banyak orang mengalami penyesalan, saat menoleh ke belakang merenungkan hidup mereka saat mereka di usia senja, tentang impian-impian tak terpenuhi, rencana-rencana gagal, kemampuan-kemampuan dan potensi-potensi yang tak dikembangkan. Maka, coba kamu luangkan waktu untuk merenungkannya, dan bayangkan baginya jadinya hidupmu kelak jika kamu bersedia untuk menjalani panggilan hidupmu. Apakah ini memang layak dijalani, atau kamu lebih mementingkan rasa aman namun harus mengerjakan pekerjaan yang tidak kamu senangi. Meski menekuni passion dan panggilan hidup tidak membuat hidupmu seperti yang kamu tadinya bayangkan, ini tetap memberi makna dalam hidupmu dan kamu punya lebih sedikit penyesalan kelak di penghujung hidupmu.

Menekuni passion dan panggilan hidup memang akan menghadapkan kamu pada ketidakpastian. Namun jangan biarkan ini menghalangi kamu menjadi the best you can be. Kamu pasti sukses jika terus mengembangkan bakat, talenta dan potensi bawaanmu. Hidupmu jadi lebih bermakna dan memuaskan jika kamu melakukan apa yang menjadi passion-mu dan menekuni panggilan hidupmu. Memang sudah seperti ini hukumnya. Maka, mulailah adakan perubahan-perubahan yang perlu untuk melakukannya. Kelak, kamu akan heran sendiri bahwa ternyata kamu bisa meraih kemajuan seperti yang tak pernah terbayangkan olehmu sebelumnya. So, jangan biarkan hidupmu terus berlalu dengan sia-sia tanpa mengisinya dengan makna.

“Be D*Light for Awareness & Enlightenment"

D*Light Institute – House of D*Light
Tomang, Jakarta Barat

Menginspirasi, mendidik dan menghibur…

No comments:

Post a Comment