Monday, August 26, 2019

10 Tips untuk Mengembangkan Potensi Dirimu Hingga Maksimal



Kita semua dibekali potensi yang luar biasa oleh Tuhan. Potensi ini adalah bekal untuk kita menghadapi kehidupan. Sayangnya banyak orang tidak mengembangkan potensinya hingga maksimal. Padahal jika kamu mengembangkan potensimu hingga maksimal kamu pasti jadi lebih percaya diri dan hidupmu lebih bahagia. Orang yang potensinya berkembang akan mengalami kepuasan batin dan ia punya sesuatu untuk ia tekuni sepanjang hidupnya. Yuk, jangan ketinggalan dengan orang lain dalam pengembangan potensimu.

Simak tips-tips berikut ini untuk membantumu mengembangkan potensi hingga maksimal. 

Satu: kenali dirimu secara mendalam. Untuk mengembangkan potensimu, kamu terlebih dulu harus tahu dimana letak kekuatanmu yang terbesar dan kelemahanmu. Mungkin kamu selama ini terlalu sibuk memperhatikan kelebihan dan keunggulan orang lain dan kurang menghargai serta mengembangkan kelebihanmu sendiri. Jika itu yang terjadi, kamu malah bisa dibuat silau dengan kelebihan orang lain sehingga apa yang sebenarnya jadi kelebihan dan keunggulanmu kurang kamu beri perhatian dan kembangkan. Jangan sampai itu terjadi ya…karena sayang sekali jika potensimu terus terkubur karena kamu terlalu sibuk dengan prestasi dan keberhasilan orang lain. Kamu juga bisa berhasil seperti mereka.

Kiat untuk menemukan apa yang jadi kelebihanmu adalah apa yang kamu senang dan tak pernah bosan melakukannya. Pikirkan cara bagaimana potensimu ini bisa kamu kembangkan untuk membantumu menghadapi kehidupan dan membantu orang lain juga. Tuliskan itu diatas selembar kertas, karena menuliskannya membuatnya lebih terpatri dalam otakmu.

Dua: temukan dan tentukan tujuan hidup. Apa yang menjadi impianmu? Coba kamu renungkan untuk apa kamu hidup didunia. Orang yang hidupnya tidak punya tujuan akan hidup tanpa arah dan boleh jadi luntang lantung. Bidang apa yang ingin kamu tekuni? Apa kamu ingin mengabdikan dirimu bagi suatu perkara kemanusiaa, misalnya mengentaskan keterbelakangan dibidang pendidikan? Dengan tujuan hidup ini kamu akan mengisi hidupmu. Potensi apa yang hendak kamu gunakan dalam mencapai tujuan hidupmu ini. Misalnya kamu punya potensi memasak, kamu ingin menjadi seorang chef yang hebat dan memasak untuk dapur umum diarea sarat konflik. Sambil kamu mengembangkan potensimu kamu juga berkarya bagi kemanusiaan.

Tiga: canangkan niat dan ketekunan. Untuk mengembangkan potensimu, kamu harus punya niat dan ketekunan. Jangan kamu cuma bersemangat diawal namun kemudian semangatmu pudar setelah beberapa saat. Kamu harus memelihara semangatmu. Caranya adalah dengan terus bertekun dan punya komitmen, juga disiplin. Komitmen untuk terus mengembangkan potensimu meski semangatmu sedang surut dan disiplin diri untuk tetap melakukan apa yang harus dikerjakan untuk mengembangkan potensimu. Kamu mengerahkan upaya untuk mengembangkan potensimu untuk seumur hidup, maka niat, ketekunan, komitmen dan disiplin sangat besar perannya.

Empat: bersedia menerima kritik. Jika kamu memang ingin mengembangkan potensimu hingga maksimal, kamu harus bersedia menerima kritik. Kritik memang tidak enak didengar tapi ini bisa berguna untuk memacu kamu menjadi lebih baik. Kamu juga harus memilah, mana kritik yang memang dikatakan seseorang dengan tujuan untuk membangun dan mana kritik yang memang dimaksudkan untuk menjatuhkan kamu dan menghalangi kamu berkembang lebih jauh. Jika kamu sulit menerima kritik yang membangun dan menganggapnya sebagai serangan yang ditujukan pada pribadimu, kamu jadi sulit mengembangkan potensimu. Kita selalu bisa belajar dari kritik.

Lima: belajar dari orang yang lebih hebat. Potensi apa yang ingin kamu kembangkan? Jika kamu ingin mengembangkan kemampuanmu sebagai seorang penulis, kamu perlu mau dengan rendah hati belajar dari penulis-penulis yang lebih hebat darimu. Kamu pelajari apa yang membuat tulisan mereka hebat dan mengena. Apa yang membuat tulisan mereka mendorong orang untuk berubah dan menginspirasi. Lalu, kamu bisa temukan gaya penulisanmu sendiri. Kamu harus punya gaya penulisan sendiri yang unik dan keluar dari hati. Kamu selalu bisa belajar dari orang lain. Kamu selalu bisa bertanya dan memperbaiki diri. Justru dengan belajar dari orang-orang yang lebih hebat darimu ini bisa memotivasi kamu maju mengembangkan potensi.

Enam: buang pikiran negatif. Salah satu musuh terbesar dalam upaya pengembangan potensi adalah pikiran negatif. Jika pikiranmu terus berkutat pada pikiran-pikiran negatif, ini membuat dirimu dipenuhi oleh emosi negatif. Emosi negatif akan merusak moodmu sehingga menghambat upayamu untuk mengembangkan potensi. Membuyarkan fokusmu dalam menekuni suatu ketrampilan dan kemampuan yang ingin kamu kembangkan. Daripada terus-menerus get stuck dalam pikiran dan emosi negatif, ubahlah itu menjadi energi untuk maju dan semakin giat berupaya mengembangkan potensi dan menekuni bidang yang jadi keunggulanmu.

Tujuh: kelilingi dirimu dengan orang-orang positif. Dimana-mana banyak orang yang pengaruhnya negatif bagi upayamu mengembangkan potensi. Jika kamu bisa menemukan dan mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang menghargai dan punya kepedulian pada pengembangan potensimu, kamu sangatlah beruntung. Orang-orang seperti ini tidak banyak jumlahnya. Belajarlah dari mereka dan terimalah advis dan tuntunan mereka.

Delapan: take action. Ini unsur kunci dalam pengembangan potensi. Jangan cuma sebatas berangan-angan dan bermimpi, namun take action terus-menerus setiap hari. Jika kamu ingin menjadi seorang penulis yang hebat, jangan cuma sebatas diangankan dan dipikirkan namun kamu harus berlatih menulis setiap hari. Jika kamu ingin menjadi seorang pemain catur kelas dunia, jangan cuma membayangkan kamu menyandang gelar Grand Master, namun kamu harus berlatih catur setiap hari. Bermimpi adalah awal yang bagus, namun kamu harus menindaklanjutinya dengan take action untuk terus meningkatkan kemampuanmu.

Sembilan: gigih dan fokus. Dalam mengembangkan apa saja, termasuk potensi, seseorang harus punya kegigihan dan fokus. Jangan biarkan fokusmu dibuyarkan. Kamu harus gigih, tekun dan fokus. Kegigihan akan membantumu untuk terus bertekun maju meski keadaan sedang tidak mendukung. Fokus akan menjaga pikiranmu tetap terarah pada sasaran. Jangan biarkan hal-hal, pikiran dan emosi negatif merusak fokusmu dan memupuskan kegigihan, ketekunan dan fokusmu. Lakukan ini terus setiap hari secara konsisten untuk mengembangkan potensimu. Biarpun kamu maju hanya sedikit demi sedikit, hargai prosesnya dan kemajuan yang kamu raih setiap hari.

Sepuluh: optimis dan berpengharapan. Bermimpi adalah awal yang baik, kemudian sambunglah impian itu dengan optimisme dan pengharapan. Agar impianmu bisa terwujud kedepannya, kamu pantas bisa memelihara pengharapan. Jika optimisme adalah sikap mental yang meyakini bahwa kamu bisa meraih impianmu, harapan adalah semangat hari demi hari yang menjaga agar optimisme itu tidak pudar. Optimisme harus dipelihara dengan pengharapan dan ditopang/memiliki pondasi iman dan keyakinan. Iman pada Tuhan bahwa Dia akan membantu dan menguatkan kamu untuk meraih impianmu dan keyakinan pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa terus mengembangkan potensimu dan meraih impianmu.

Impian yang tergenapi dan potensi yang terkembangkan secara maksimal adalah dambaan banyak orang. Sekarang pertanyaannya: apa kamu mau melakukan apa yang memang perlu dilakukan dan dijalani demi mewujudkan itu. Tuhan memberimu potensi dan tugasmulah untuk mengembangkannya hingga takaran maksimal.

“Jenius adalah 1 persen inspirasi dan 99 persen keringat.”
- Thomas Alva Edison

Dikembangkan oleh Boni Sindyarta

“Be D*Light for Awareness & Enlightenment"

D*Light Institute – House of D*Light
Tomang, Jakarta Barat

Menginspirasi, mendidik dan menghibur…

Sumber: “9 Tips Mengembangkan Potensi Diri Agar Hidup Anda Lebih Bermakna” oleh Agus Dwi

No comments:

Post a Comment