Saturday, August 24, 2019

Falsafah dibalik Mandi dengan Shower Dingin



Sebenarnya mandi dengan shower dingin setiap pagi mengandung manfaat yang selama ini mungkin belum kamu sadari. Ini bisa membuatmu lebih tahan dan kuat menghadapi tantangan dan kesulitan sepanjang hari. Mau tahu bagaimana shower dingin bisa mendorong keberhasilanmu dalam pekerjaan dan kehidupan? Simak falsafah yang ada dibalik mandi dengan shower dingin dalam artikel kali ini.

Banyak dari kita yang hidup di kota besar setiap hari harus bangun pagi untuk berangkat kerja ke kantor dan menghadapi hari itu. Kita harus menghadapi tantangan dan kesulitan dihari itu di rumah tangga dan di kantor. Mungkin di kantor banyak masalah dan konflik. Tapi mau tak mau kamu harus menghadapinya. Tentu kamu ingin berhasil menghadapinya.

Dalam diri manusia, sudah menjadi kecenderungan alami untuk kita menghindari hal-hal yang kita rasa tidak nyaman, tidak enak dan membahayakan. Ini sebenarnya adalah instink bertahan hidup yang juga dapat kita temukan dalam diri hewan. Seekor zebra tentu berusaha menghindari singa agar tidak dimangsa olehnya. Kita juga berusaha menghindari apa yang membuat kita tidak nyaman dan membahayakan hidup kita.

Lalu apa hubungannya ini dengan mandi dengan shower dingin setiap pagi?

Ini penjelasannya: saat mandi dengan shower dingin, saat-saat pertama kita akan merasakan sengatan dingin pada tubuh kita. Sangat tidak nyaman rasanya. Ini keajaibannya: karena kita sudah terlebih dulu menghadapi dan mengalami apa yang tak kita senangi di pagi hari, rentang ketahanan kita untuk menghadapi tantangan dan kesulitan hari itu jadi lebih besar. Ini lebih menyiapkan mental dan tubuh kita menghadapi hari itu.

Analogi yang sama dapat kita alami saat mencemplungkan diri kekolam renang. Saat mau menceburkan diri, kita takut dan berusaha menghindar. Saat tubuh masuk kedalam air, momen-momen pertama adalah yang terberat. Namun setelah beberapa saat tubuh kita mulai beradaptasi dengan temperatur air kolam. Kita mulai bisa menikmatinya.

Saat mandi dengan shower dingin, saat-saat pertama kita paling merasakan sengatan air. Namun setelah itu tubuh kita mulai terbiasa bahkan kita bisa menikmatinya.

Mencebur kedalam kolam renang adalah analogi yang bagus untuk kita mencebur kedalam kancah kehidupan. Pikiran kita biasanya membesar-besarkan apa yang kita takuti. Kolamnya nampak lebih dalam meski sudah tertera angka di pinggir kolam renang yang menunjukkan seberapa dalam kolam itu. Sama juga, kita dibuat takut oleh pikiran kita sendiri saat harus menghadapi tantangan dan kesulitan dihari itu.

Mandi dengan shower dingin dipagi hari menyiapkan mentalmu dan tubuhmu untuk menghadapi sepanjang hari. 

Perkataan arif dari figur Yoda dalam serial film Star Wars episode kedua: “The Empire Strikes Back” sangatlah mengena disini,

“Do or do not. There is no try.”
-    Yoda


Inti pesan Yoda, “Hanya ada dua pilihan: kamu melakukan atau tidak melakukan apa yang tidak kamu sukai dan hindari. Tidak ada gladi resik.”

Saat hendak mandi shower dingin dipagi hari, tubuhmu mungkin menolaknya. Kamu enggan merasakan sengatan air dimomen-momen awal. Namun itu sangat berguna dan baik untukmu. Mandi dengan shower dingin melatih mentalmu dan tubuhmu untuk “Just do it” saat menghadapi situasi yang berpotensi membuat kita tidak nyaman dan menderita. Meski saat itu kita gelisah kita tetap melakukannya.

Falsafah mandi dengan shower dingin mengajarkan bahwa apa pun yang kita hadapi, betapa menakutkan dan menyakitkan pada awalnya, lama kelamaan kita jadi lebih terbiasa dan beradaptasi. Kita jadi lebih bisa dan mudah menanggungnya dan memikulnya.

Pada awalnya tantangan dan kesulitan hidup bisa membuat kita hancur dan sangat menderita, namun lama-kelamaan kita jadi makin terbiasa dan justru bertumbuh menjadi lebih kuat disitu.

Public speaking adalah salah satu hal paling menakutkan yang mungkin kita alami menurut skala peringkat 100 hal yang membuat kita stres dan takut. Momen-momen awal adalah yang tersulit dan terberat, namun setelah itu kita mulai terbiasa dan menikmatinya.

Didalam kehidupan jika kita terus maju meski takut dan gelisah, ini akan membuka banyak pintu peluang. Kemampuan kita meningkat dan peluang-peluang baru pun bermunculan. Potensi kita juga semakin berkembang hingga maksimal. Kita maju semakin jauh.

Saat kita menghadapi apa yang kita takuti dan membuat kita tidak nyaman, otak kita sangat pandai untuk mengajukan dalih, berusaha meyakinkan kita agar tidak melakukannya. Namun semakin lama kamu ragu dan tidak melakukannya, semakin kamu cenderung tidak melakukan langkah pertama. Semakin cepat kamu melakukannya, semakin baik.

Kita bisa belajar banyak dari seorang filsuf aliran Taoisme, bernama Lao Tzu. Didalam karyanya yang berjudul “Tao Te Ching” ia menulis,

“Bereskan persoalan-persoalan selagi persoalan itu masih mudah dibereskan. Jangan menunggu hingga itu terlalu sulit untuk dibereskan.”
Lao Tzu, Tao Te Ching, chapter 63


Dengan menyadari ini semua, bagaimana pola pikir kita saat menghadapi masalah dan kesulitan, membuat kita lebih mudah untuk berubah dan maju. Lebih mudah kita memutuskan siklus pikiran yang menghambat kita ini sebelum keadaan menjadi lebih sulit.

Falsafah mandi dengan shower dingin menunjukkan bahwa diri kita selalu mampu untuk coping menghadapi kesulitan meski pikiran kita awalnya selalu mengatakan sebaliknya. Ini membangun ketahanan mental dan fisik terhadap apa yang membuat kita tak nyaman. Kita jadi lebih terbiasa untuk tidak selalu mencari jalan yang nyaman dan mudah. Mengawali setiap pagi dengan mandi dengan shower dingin akan membuat kita meraih kemenangan atas diri sendiri untuk melawan keengganan dan kemalasan. Ini awal yang baik untuk kita menghadapi sepanjang hari itu.

Jika kita ingin maju dalam karir, pekerjaan dan suatu kemampuan yang ingin kita tekuni dan kembangkan, panggilan hidup atau misi yang hendak kita jalankan, rupanya falsafah mandi dengan shower dingin bisa mengajarkan banyak hal. Ini bisa melatih kita untuk mengalahkan diri sendiri dan meraih banyak kemajuan dalam kehidupan.

Diolah oleh Boni Sindyarta

“Be D*Light for Awareness & Enlightenment"

D*Light Institute – House of D*Light
Tomang, Jakarta Barat

Menginspirasi, mendidik dan menghibur…

Sumber: “The Philosophy of Cold Shower” by Einzelganger – YouTube Channel

No comments:

Post a Comment