Friday, August 23, 2019

Hidupmu Dibentuk oleh Pilihanmu dan Keputusanmu



Didalam diri kita semua hiduplah dua ekor anjing. Anjing yang jahat dan anjing yang baik hati. Anjing yang jahat ini mewakili semua kebiasaan buruk dan hal-hal negatif dalam diri kita yang ingin kita perbaiki. Sedangkang anjing yang baik mewakili semua kebiasaan dan hal-hal positif dalam diri kita. Kedua anjing ini senantiasa berkelahi satu sama lain. Anjing manakah yang menang? Jawabannya adalah anjing yang selalu kamu beri makan. Kita memberi makan salah satu dari anjing itu lewat pilihan-pilihan yang kita buat setiap hari. Bahkan setiap saat.

Saat kita mengambil pilihan-pilihan yang baik dan positif, ini artinya kita memberi makan anjing yang baik dan membuat anjing yang jahat kelaparan. Memang jauh lebih mudah menuliskannya disini dibanding melakukannya. Karena pada diri sebagian orang, anjing yang jahat itu sudah menjadi sedemikian kuat sehingga sulit ditanggulangi. Ini mengendalikan semua tindak tanduk dan keputusan kita. Sedangkan suara anjing yang baik jarang kita abaikan. Anjing yang baik ini mewakili suara hati kita.

Jika dibiarkan tak terkendali, kebiasaan buruk dan sifat-sifat negatif kita akan mengakar semakin dalam sehingga makin sulit dihilangkan. Pernah dikatakan bahwa kebiasaan buruk itu seumpama sebuah ranjang dengan kasur yang empuk. Kita senang dan nyaman tidur berlama-lama diatasnya, namun sulit untuk bangun dari sana. Jika kamu sudah terlalu nyaman dengan kebiasaan-kebiasaan burukmu, semakin sulit kamu berubah dan menghilangkannya. Kebiasaan-kebiasaan dan sifat-sifat buruk yang bisa membahayakan kesehatanmu dan masa depanmu.

Selama ini tanpa sadar mungkin kita sudah memelihara dan terus memberi makan anjing yang jahat itu dalam diri kita. Seperti kebiasaan berpikir negatif, iri hati, dengki, sulit mengampuni, dan masih banyak lagi. Sedangkan kebiasaan dan kualitas baik adalah seperti anjing yang baik: bersyukur, penuh kasih, mudah memaafkan, rajin, selalu melihat yang positif dari kehidupan dan orang lain, juga periang.

Kebiasaan buruk dan sifat-sifat buruk yang sudah sangat mengakar sangat sulit dihilangkan. Butuh waktu, kesabaran dan ketekunan. Namun dengan kemauan kamu pelan-pelan kamu pasti bisa menghilangkannya atau setidaknya sangat menguranginya. Mintalah pertolongan rahmat Tuhan.

Didalam kehidupan memang seperti itu. Didalam diri setiap orang pasti ada sisi gelapnya. Maka hukum paradoks semakin berlaku disini. Kamu justru semakin menguatkan kualitas-kualitas positif dalam dirimu karena adanya kualitas kebalikannya yang negatif. Buatlah anjing yang baik itu semakin kuat dan anjing yang jahat itu semakin lemah dengan cara mengambil pilihan yang baik dan positif setiap saat. Dengan cara semakin menguatkan kebiasaan-kebiasaan baik. Dan tidak memelihara kebiasaan-kebiasaan buruk.

Untuk semakin menguatkan kualitas-kualitas dan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan positif dalam diri kita, bergaullah dan keliling dirimu dengan orang-orang yang maju dan positif. Orang-orang yang bisa dan bersedia mendorong kemajuanmu. Karena untuk mengembangkan kualitas dan kebiasaan yang baik dan positif itu butuh usaha dan perjuangan setiap hari. Ini memang tidak mudah. Namun pelan-pelan kamu pasti meraih kemajuan. Perubahan sedikit demi sedikit yang dicapai setiap hari akan menghasilkan perubahan besar dan prestasi yang gemilang dalam jangka panjang.

Bagaikan pesawat luar angkasa yang hendak meluncur ke angkasa meninggalkan bumi. Awalnya dibutuhkan tenaga ekstra besar untuk mengangkatnya supaya ia bisa melawan dan lepas dari gaya gravitasi bumi, namun sekali ia sampai dititik tertentu dan melewati itu semua, ia bisa meluncur di angkasa dengan lebih mulus dan pengerahan tenaga lebih ringan.

Sebuah pesawat luar angkasa senantiasa harus mengadakan perubahan-perubahan kecil agar ia bisa mencapai sasarannya. Karena perubahan sekecil apa pun melenceng keluar dari jalur yang benar akan berakibat pelencengan yang besar dalam radius jauh. Begitu pula dengan kamu, selalu adakan pilihan-pilihan kecil yang baik dan positif setiap hari, bahkan setiap saat, secara konsisten agar kamu bisa mencapai sasaranmu.

Pilihan-pilihanmu dimasa lalu, entah itu pilihan yang baik maupun yang buruk telah membawamu sampai keposisi dan keadaan hidupmu sekarang ini. Tidak ada kata terlambat untuk berubah dan bertumbuh. Jangan biarkan kebiasaan-kebiasaan dan kualitas-kualitas buruk mendominasi dirimu. Semua pilihan buruk, dosa dan kesalahan biarkan berlalu. Biarkan anjing yang jahat itu semakin pudar dan akhirnya hilang. Mulai hari ini, kamu bisa terus memelihara pilihan-pilihan yang baik dan mengeliminir pilihan-pilihan buruk yang selama ini kamu pelihara. Dari situ kamu membangun masa depan yang lebih baik dan bertumbuh menjadi versi dirimu yang terbaik.

Dialihbahasakan & dikembangkan oleh Boni Sindyarta

“Be D*Light for Awareness & Enlightenment"

D*Light Institute – House of D*Light
Tomang, Jakarta Barat

Menginspirasi, mendidik dan menghibur…

Sumber: “The Power of Making the Right Choices” by Radhanath Swami – YouTube Channel

No comments:

Post a Comment