Wednesday, August 28, 2019

Secangkir Kopi Agar Kreatifitasmu Makin Melejit



Percaya atau tidak? Minum secangkir kopi ternyata bisa meningkatkan kreatifitasmu. Banyak seniman, ilmuwan, penulis, penyair dan filsuf hebat kelas dunia yang dulu pernah hidup adalah penggemar kopi. Mereka butuh dorongan semangat agar bisa berkarya. Dorongan semangat ini bisa berupa dukungan dari teman-teman dan orang-orang terdekat, tapi juga bisa datang dari sesuatu yang materiil, yakni kopi.

Ya, minum kopi bisa mendukungmu untuk bekerja dan berkarya. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa minum kopi dapat meningkatkan mood, konsentrasi, kreatifitas dan produktifitas dalam bekerja.

Lalu, apa rahasianya? Mengapa minum kopi bisa memberi semua efek positif itu. Jawabannya terletak pada kandungan zat dalam kopi, yakni kafein. Ini juga dibuktikan oleh tim riset yang bekerja di London School of Hygiene and Tropical Medicine. Mereka menemukan bahwa bahan kafein yang terkandung dalam kopi terbukti dapat membantu seorang pekerja meningkatkan daya konsentrasinya serta daya ingatnya.

Bagi orang-orang yang kerap bekerja hingga larut malam, kopi bisa menjadi sahabat setia untuk menemani dan mendukung mereka untuk bekerja dan berkarya, yakni bermanfaat untuk mengurangi kantuk dan rasa jenuh serta bosan. Terkait dengan ini, hasil penelitian juga membuktikan bahwa minum kopi bisa sangat mengurangi resiko dan kemungkinan kecelakaan bagi orang-orang yang mendapat shift jam kerja malam hari. Misalnya seperti: dokter jaga di bagian IGD, petugas keamanan, operator mesin, supir, dll.

Lalu bagaimana dengan keampuhan kopi bagi para seniman, penulis, penyair, filsuf dan ilmuwan, yang sangat mengandalkan fungsi kreatif untuk melakukan pekerjaan mereka? Ternyata kandungan bahan kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan memacu kerja jantung sehingga aliran darah ke otak meningkat. Jika suplai darah ke otak meningkat, otomatis otak lebih dapat menghasilkan ide-ide baru dan cemerlang. Dengan kata lain, kopi dapat meningkatkan kreatifitas otak.

Dan hebatnya, bukan hanya itu, ternyata minum kopi juga bisa meningkatkan kepercayaan diri kita. Bagaimana bisa? Karena minum kopi bisa membuat pikiran kita lebih tenang dan rileks. Ini secara otomatis membuat kita jadi lebih percaya diri dan tidak canggung didepan orang lain. Hal ini didukung oleh hasil riset yang dilakukan di University of North Carolina.

Lalu bagaimana tokoh besar kelas dunia terbantu oleh kopi, simak yang berikut ini:

Ludwig Van Beethoven. Namanya tentu sudah tak asing lagi bagimu. Ia adalah seorang komposer besar asal Austria dan sekaligus pencandu kopi. Jika ia tak minum kopi, ia jadi mudah tersinggung, seperti yang terungkap dalam biografinya. Sangat terobsesi pada kopi sampai-sampai ia menakar dan menghitung sendiri jumlah biji kopi harus sebanyak 60 butir untuk secangkir kopinya.

Benjamin Franklin. Sudah punya kebiasaan nongkrong di kedai kopi lama sebelum budaya ini jadi tren jaman kini. Orang yang dianggap sebagai salah seorang Founding Fathers of America ini senang duduk menikmati secangkir kopi sambil mengamati orang yang berjalan lalu-lalang di depan kedai. Kegemarannya pada kopi membuatnya pernah menjual biji-biji kopi sebagai sumber penghasilan untuk menghidupi dirinya.

Voltaire. Pria asal Prancis yang seorang penulis dan filsuf terkenal. Pencandu kopi kelas berat. Ia gemar sekali mencampurkan cokelat kedalam kopi yang ia minum dengan takaran berlebihan. Meski dokter telah memperingatkan ia tentang bahaya dari kebiasaannya ini, ia tetap melakukannya hingga penghujung hidupnya.

Theodore Roosevelt. Presiden Amerika Serikat ke-26 ini juga seorang pencandu kopi kelas berat lainnya. Kegilannya pada kopi membuat ia bisa menghabiskan satu galon kopi dalam sehari. Pernah tercatat putranya mengatakan bahwa ukuran cangkir kopi ayahnya sama besar dengan bathtub kamar mandi di ruang tidur utama rumah mereka. Teddy, begitu nama sapaan akrabnya, mengatakan dirinya sulit dipisahkan dari kopi karena ini membuatnya bisa memperoleh inspirasi-inspirasi cemerlang saat menjabat sebagai kepala negara.

Honore de Balzac. Ia salah seorang sastrawan besar Prancis yang hidup diabad ke 19. Literatur sejarah mencatat ia juga seorang penggila kafein. Ia menulis novel-novel yang luar biasa, masih bisa kita temukan dijaman kini tersebar dimana-mana diseluruh penjuru dunia.

Novelis ini pernah menulis tentang efek kafein yang luar biasa setelah ia mengonsumsi kopi hitam segelas besar,

“Ide mengalir dengan deras, bagai battalion tentara yang siap terjun dalam sebuah pertempuran besar. Memori dalam kondisi prima, ibarat bendera berwarna terang yang berkibar di angkasa, pasukan berkuda metafora bergerak dengan kecepatan yang menakjubkan bak artileri logika yang bergegas memasuki medan tempur diiringi derap langkah dan desing peluru.”
 

Juga telah ditemukan bahwa asupan kafein sangat bermanfaat untuk kita yang sering melakukan pekerjaan yang butuh ketahanan mental juga kecepatan berpikir. Selain itu, kafein juga dapat mengurangi dan meminimalkan kesalahan dalam melakukan pekerjaan.

Jadi, jangan percaya jika ada orang mengatakan cuma sekadar mitos bahwa kopi bisa mendukung kreatifitas dan produktifitasmu dalam menghasilkan karya-karya kreatif.

Masih ragu tentang manfaat luar biasa kopi untuk melejitkan kreatifitas dan produktifitasmu? Silahkan kamu coba dan buktikan sendiri…

"A warrior is armed with a weapon and a writer is armed with a pen accompanied by a cup of coffee.."
- Naveen Chandu

Penulis: Boni Sindyarta
Diolah dari berbagai sumber

“Be D*Light for Awareness & Enlightenment"

D*Light Institute – House of D*Light
Tomang, Jakarta Barat

Menginspirasi, mendidik dan menghibur…

No comments:

Post a Comment